Rabu, 12 April 2017

Tugas3_Perekonomian Indonesia

Sektor Pertanian
Kelebihan => memiliki elastisitas permintaan yang rendah, artinya harga berubah berapapun orang akan tetep membeli produk pertanian

Kekurangan => produksi nya konstan, sangat sulit ditingkatkan dan memiliki investasi yang mahal

Sektor industri
Kelebihan =>
·         Akan memunculkan potensi yang dimiliki tiap-tiap daerah
·         Memperluas pertumbuhan dengan menghubungkan daerah tertinggal dengan pusat pertumbuhan
·         Menghubungkan daerah terpencil dengan infrastruktur & pelayanan dasar dalam menyebarkan manfaat pembangunan secara luas
·         Memperluas lapangan kerjaan
·         Meningkatkan pendapatan daerah yang berujung pula pada  meningkatnya pendapatan nasional.

Kekurangan =>
·         Dapat mengakibatkan eksploitasi sumber daya alam
·         Kalahnya investor domestik dengan inverstor asing

Sektor Jasa
Kelebihan => dapat meraih keuntungan tinggi dengan frekuensi aktivitas yang lebih sering
 
Kekurangan => pada pasar persaingan sempurna, tiap orang akan berkompetisi untuk menurunkan harga serendah mungkin, hal ini karena elastisitas permintaan yang tinggi, atau saat harga berubah sedikit maka permintaan akan berubah drastis 

            Pembangunan yang hanya menjegar pertumbuhan tidak akan menghiraukan kelestarian lingkungan, Menurut saya jika pembangunan tidak diimbangi atau tidak peduli dengan pelestarian lingungan maka akan merusak lingkungan dan ekosistem lingkungan. Karena jika kita hanya menigkatkan Sumber Daya Manusia tanpa mengimbangi pertumbuhan Sumber Daya Alam  maka Sumber Daya Alam akan punah dengan sendirinya.
Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti dengan menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan.
Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jeniro tahun 1992. Di dalamnya terkandung 2 gagasan penting, yaitu: Gagasan kebutuhan, khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup.
Gagasan keterbatasan, yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang.


 Faktor - faktor  pendorong Industrilisasi :
  • Kegunaan alam yang melimpah
  • Jenis lingungan alam yang tersebar di Indonesia sekarang dapat menimbulkan interaksi antara daerah
  • Letak Indonesia yang strategis untuk pemasaran produk industri
  • Jumlah penduduk yang cukup besar
  • adanya penurunan modal asing di Indonesia
  • Jalur pemrintahan lebih banyak, sekarang lebih efesien untuk transportasi hasil industri.

Pengertian Kemitraan

            Pengertian Kemitraan adalah - Menurut Undang-Undang No. 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil Pasal 8 ayat 1 yang berbunyi “Kemitraan adalah kerjasama usaha antara usaha kecil dengan usaha menengah atau dengan usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan usaha oleh usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat, dan saling menguntungkan ”.

Pengertian Keagenan

             Agen atau agent (bahasa inggris) adalah perusahaan nasional yang menjalankan keagenan. Sedangkan keagenan adalah hubungan hukum  antara pemegang merk (principal) dan suatu perusahaan dalam penunjukan untuk melakukan perakitan/pembuatan/manufaktur serta penjualan / distribusi barang modal atau produk industri tertentu.

Pengertian Waralaba

Yang dimaksud dengan waralaba adalah waralaba jika dalam bahasa Inggris yaitu dari kata “Franchising” dan jika dalam bahasa Francis yaitu “Franchise”, Merupakan hubungan bisnis atau usaha antara pemilik merek, produk maupun sistem operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.
Atau definisi lain dari waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.

Pengertian Subkontrak

Subkontrak adalah pengaturan di mana kontrak bisnis satu pihak sebagian atauseluruh bagiannya dikontrakkan lagi ke pihak lain. Bisnis seringkalimensubkontrakkan jika mereka kurang memiliki keahlian atau sumber dayauntuk menyelesaikan sebuah proyek.






Refensi


Nama    : Nia Rahmawati
Kelas     : 1EB24

NPM      : 25216400

Tidak ada komentar:

Posting Komentar