Kamis, 06 Oktober 2016

Tulisan I_Pengantar Bisnis_karakter-karakter yang harus dimiliki seorang entrepreneuship

PENGANTAR BISNIS


















Pengertian entrepreneuship(wirausaha)

                "Wirausaha adalah pengambil risiko dalam sistem swasta, seseorang yang mencari peluang yang menguntungkan dan mengambil risiko yang diperlukan untuk mendirikan dan menjalankan suatu usaha."  (Pengantar Bisnis Kontemporer/Louis E. Boone, David L. Kurtz. (Jakarta: Salemba Empat,2014),hlm,109)

                Menurut Drs. Joko Untoro bahwa kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan upaya- upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

                Menjadi seorang entrepreneuship itu tidaklah mudah, karena mereka harus bekerja keras untuk memajukan usahanya. Oleh sebab itu harus memiliki karakter- karakter untuk mendorong kemajuan usahanya. Berikut karakter- karakter yang harus dimiliki entrepreneuship :

    1. Visi
Wirausaha memulai dengan sebuah visi, gagasan umum mengenai bagaimana membuat sebuah bisnis berhasil, dan kemudian mengupayakannya dengan sungguh-sungguh.

    2. Tingkat Energi yang Tinggi
Wirausaha mau bekerja keras merealisasikan visinya. Memulai dan membangun perusahaan memerlukan kerja keras dan jangka waktu yang panjang.

    3.  Kebutuhan untuk Mencapai Sesuatu
Wirausaha bekerja keras karena mereka ingin maju. Dorongan komperatif yang kuat membantu mereka menikmati tantangan meraih tujuan yang sulit dan mendorong dedikasi untuk keberhasilan personal.
4.   Kepercayaan Diri dan Optimisme
Wirausaha percaya dengan kemampuan mereka untuk sukses dan mereka menanamkan optimisme dalam diri orang lain. Seringkali optimisme mereka mirip dengan sifat tidak gentar dalam menghadapi masa-masa sulit.

    5.   Toleransi Terhadap Kegagalan
Wirausaha sering kali sukses dengan memiliki kemauan yang kuat dan kemampuan untuk mencoba dan mencoba lagi ketika orang lain menyerah. Mereka juga memandang kegagalan sebagai pengalaman belajar dan tidak mudah kecil hati atau kecewa ketika segalanya tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan.
    6.  Kreativitas
Wirausaha biasanya menciptakan ide baru untuk barang dan jasa dan mereka menggunakan cara inovatif untuk mengatasi masalah dan situasi sulit.

Referensi

Pengantar Bisnis Kontemporer/Louis E. Boone, David L. Kurtz. (Jakarta: Salemba Empat,2014),hlm,109-112

Tidak ada komentar:

Posting Komentar