Minggu, 23 Oktober 2016

TUGAS 2_PENGANTAR BISNIS_WARALABA



Assalamualaikum WR WB
Hai semuaaa! Disini saya akan membahas tentang Waralaba dan contoh produk Waralaba. Sebelum menjelaskan contoh produk Waralaba, saya akan menjelaskan dahulu apa itu Waralaba.
Apa itu waralaba? Yang dimaksud dengan waralaba adalah waralaba jika dalam bahasa Inggris yaitu dari kata “Franchising” dan jika dalam bahasa Francis yaitu “Franchise”, Merupakan hubungan bisnis atau usaha antara pemilik merek, produk maupun sistem operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin dari pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah di tentukan sebelumnya.
Atau definisi lain dari waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.
Usaha Waralaba dapat dibedakan menjadi 4 klasifikasi :
  1.   Sistem Waralaba Pabrik- Pengecer. 
  2.   Sistem Waralaba Pabrik-Grosir.
  3. Sistem Waralaba Grosir-Pengecer
  4. Nama Waralaba Perusahaan
Disini saya akan akan membahas contoh produk Waralaba. Dan saya membahas salah satu dari klasifikasi waralaba diatas.

Usaha Waralaba Dunkin Donuts


(http://areasusa.com/en/brands/dunkin-donuts)


Sejarah dunkin donuts, Tahun 1940 seorang pengusaha bernama Bill Rosenberg mendirikan dan membuka sebuah gerai donut dengan nama Open Kettle di kota Boston, Quincy – Massachusetts, Amerika Serikat. Tanpa disangka gerai donut miliknya tumbuh dengan pesat. Hal ini terbukti dari makin bertambah banyaknya jumlah pelanggan yang berkunjung.
 Melihat perkembangan usahanya yang positif, tahun 1950 Rosenberg pun memutuskan mengubah nama Open Kettle menjadi nama lain yang lebih menjual. Setelah melalui proses yang panjang, terpilihlah nama baru yang lebih menjanjikan yaitu Dunkin' Donuts. Selaras dengan perubahan nama tersebut, dirintislah sistem franchise (waralaba).

 Tahun demi tahun berlalu. Kemajuan dan ketenaran nama Dunkin' Donuts makin tak terbendung. Bahkan di tahun 1970, Dunkin' Donuts telah menjadi merek internasional dengan reputasi yang luar biasa dalam hal kualitas produk dan pelayanan. Reputasi dan ketenaran itu jugalah yang kemudian menarik minat Allied Domecq – sebuah perusahaan internasional yang membawahi Togo's dan Baskin Robins - untuk membeli Dunkin' Donuts dari keluarga Rosenberg. Pembelian dan pengambilalihan perusahaan dari keluarga Rosenberg akhirnya disepakati dan dilakukan dengan penuh persahabatan pada tahun 1983.
Dunkin' Donuts mulai merambah pasar Indonesia pada tahun 1985 dengan gerai pertamanya didirikan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta. Khusus wilayah Indonesia, master franchise Dunkin' Donuts dipegang Dunkin' Donuts Indonesia.

Sejak diberi kepercayaan memegang master franchise tersebut, Dunkin' Donuts Indonesia bercita-cita dan bertekad untuk terus membesarkan serta memperkuat awareness dan positioning Dunkin' Donuts. Tidak hanya di Ibu Kota Indonesia, Jakarta, tetapi juga di berbagai kota besar lainnya. Itu sebabnya, kegiatan memperluas pasar dengan jalan membuka puluhan gerai permanen terus dilakukan secara berkala.

 Kini Dunkin' Donuts Indonesia telah berhasil membuka lebih dari 200 gerai yang tersebar di berbagai kota besar Indonesia seperti Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok, Surabaya, Bandung, Bali, Medan, Yogyakarta, Makassar, dan lain sebagainya. Cita-cita memperkuat awareness dan positioning pun bisa dibilang telah tercapai. Paling tidak hal ini bisa dilihat dari hasil survey sebuah lembaga riset pemasaran yang menyebutkan bahwa Top of Mind Dunkin' Donuts di Indonesia telah mencapai 91,8%. Bahkan tercatat juga tingkat kepuasan konsumen Indonesia terhadap Dunkin' Donuts secara keseluruhan mencapai 80,8%.

  

Harga dan Menu dunkin Donuts




Nama Menu
Harga
1pcs Donat (semua rasa)
Rp.8500
Dunkin Donuts ½ lusin
Rp.42500
Dunkin Donuts 1 Lusin
Rp.76500
Mochi Ring 1 lusin
Rp.67000
Box Of 10
Rp.26500
Harga Dunkin Donuts Indonesia



(sumber : http://www.dunkindonuts.com.pk/menu.php)



  • sandwiches
  • croissants
  • flatbreads
  • bakery & pastries
  • muffins
  • hot caramel latte
  • hot hazelnut latte
  • hot vanilla latte
  • ice caramel latte
  • ice chocolate
  • ice hazelnut latte
  • ice vanilla latte
  • blueberry
  • coollata cappuccino
  • coollata dark chocolate
  • coollata green bean
  • coollata thai tea
  • green tea
  • green tea jelly
  • ice coffee
  • ice coffee caramel jelly
  • iced tea latte
  • thai tea



Analisis

  • ·         Segmen Pemasaran :  Dunkin Donuts untuk menarik konsumennya mengadakan berbagai inovasi atas produk yang beredar dipasar. Upaya ini dilakukan melalui promosi yaitu dengan melakukan suatu periklanan melalui berbagai media, publikasi, pameran dan brosur untuk mengenalkan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan. Selalu berusaha memperbaharui design sesuai dengan trend, fokus terhadap kualitas produk serta berusaha memaksimalkan kepuasan pelanggan. Periklanan tersebut dilakukan untuk menarik konsumen agar konsumen berminat dan tertarik atas produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Sehingga jika hal itu terjadi, diharapkan konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian atas produk yang di iklankan tersebut.
  • ·         Target Pasar : untuk kalangan siapa saja mulai dari anak kecil, orang dewasa dan orang tua karena dunkin donuts di olah dengan proses pembuatan dan pengawasan mutu yang terjaga membuat Donuts ini sangat higienis untuk dikonsumsi serta terjaga citarasanya.
  • ·         Pasitioning : yang membedakan dunkin donuts dengan donut yang lainnya adalah Dibuat dari bahan bermutu tinggi serta diolah dengan sempurna, dan pengawasan mutu yang terjaga membuat Donuts ini sangat higienis untuk dikonsumsi serta terjaga citarasanya. tersajilah donut istimewa dalam berbagai bentuk dan rasa. Temukan kejutan dalam setiap gigitannya. Dunkin' Donuts adalah pilihan paling tepat bagi para penggemar minuman berbahan dasar kopi. Di tempat kami tersedia aneka ragam racikan kopi yang nikmat seperti Original Black Coffee, Cappucino, Espresso dan Cafe' Latte. Selain itu kami juga menyediakan minuman berbahan dasar chocolate yang tak kalah nikmatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar